Kebiasaan manusia
7:07 PM | Author: Ritter blog
Pernahkah anda berperasaan, anda tidak mampu untuk melakukan suatu hal yang orang lain bisa lakukan..?? Kalau pernah atau sering, itu sangat berbahaya. Karena itu salah satu penentu anda bisa atau tidaknya. Sebenarnya manusia itu serba bisa. Dan tergantung dari kita percaya diri atau tidak. Hilangkan kebiasaan kita yang ragu akan kemampuan kita sendiri sebagai manusia.



Sejak pertama dilahirkan di bumi ini, kita sebagai manusia dalam keadaan yang fitrah. Dimana kita yang belum mengenal kata "tidak bisa" atau ketidak percayaan diri kita terhadap sesuatu kegiatan kita. Kita lihat seorang anak kecil yang masih dalam tahab belajar berjalan. Anak tersebut dipancing utuk berjalan oleh orang sekitarnya atau yang sering disebut dengan TETAH. Kemudian lama-kelamaan anak tersebut berusaha sendiri untuk berdiri dan berjalan. Dengan penuh percayadiri anak kecil itu berusaha sendiri meski kadang ada ikut campur orang sekitar untuk menuntunnya. Ditengah-tengah ia belajar berjalan, anak itu terjatuh dan menangis sekencang-kencangnya tanpa ada sedikitpun menutup-nutupi tangisannya itu. Dia total menangis. Tetapi meskipun ia menangis dan mengenal rasa sakit yang ditimbulkan oleh jatuh tersebut, ia tidak berhenti begitu saja dan tidak putus asa. Yang ia tahu bahwa ia ingin seperti sekelilingnya, Bisa berjalan, serta ia juga belum mengenal kata tidak bisa. Ya otomatis ia tidak akan menyerah. Hingga akhirnya ia bisa berjalan bahkan ia mendapatkan lebih dari usahanya itu. ia bisa berlari. Sungguh hasil yang luarbiasa dari kerja kerasnya anak tersebut, hingga sakit karena jatuh, ia tetap berjuang.



Lalu, darimana kita bisa mengenal kata tidak bisa atau kita merasa tidak percayadiri terhadap kemampuan kita..??



yaaa..... Inilah permasalahan kita. Saat masih kecil orang sekitar kita sering mebisikan "jangan begini, jangan begitu, dan jangan... jangan.... jangan..... terus..!!!! Nanti kamu begini... Nanti kamu begitu dan seterusnya". Setiap mau melakukan aktifitas, anak tersebut selalu diperingatkan jangan...jangan....dan jangan..... Kemudian lama kelamaan otomatis anak itu akan berfikiran "mengapa saya tidak boleh seperti ini,,seperti itu..??? apakah karena saya tidak mampu..??" Nahhhhh.... inilah sebabnya .... mulai dari sinilah anak akan merasa tidak percaya diri. Dan anak itu akan takut untuk melangkah dan takut mengambil resiko. Padahal semua hal pasti ada resikonya. Meskipun resiko yang bisa kecil atau besar. Maka dari itu kita jangan terlalu sering untuk melarang anak kita atau terlalu sering memarahinya. Cukup kita sebagai orang tua mengawasi apa yang dilakukan oleh anak kita. tuntun dan bimbinglah apa yang di lakukan oleh anak kita jika sekiranya anak kita belum sanggup melakukannya.

Kalau anak kita melakukan hal yang berbahaya, barulah kita larang dan kita jelaskan bahwa hal tersebut bisa mengakibatkan seperti ini. Tetapi jangan marahi dia. Karena dia belum tentu tau akibatnya. Seperti ini bisa menambah kepintaran anak. Jadilah teman bermain bagi anak kita jika masih kecil. dan jadilah teman curhat di saat anak kita dewasa kelak. Jadikan juga rumah sebagai tempat yang nyaman bagi keluarga kita. Jadilah pelindung bagi anak kita.

Mari kita majukan bangsa ini..

salam sukses
This entry was posted on 7:07 PM and is filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments:

Di DepositEkstra.com - Program Rencana Kebebasan Finansial Bersama anda akan mendapatkan penghasilan